Welcome on my blog "Dahlan"

Jumat, 16 Agustus 2013

3 Sifat yang Harus Dimiliki Manusia

Sifat manusia itu mencerminkan kepribadian yang dimiliki pleh manusia tersebut, sifat itu teryata tidak serta merta bawaan lahir, jadi ketika anda menemui temen anda yang mudah marah sebenarnya itu bisa dirubah, jadi bukan keyakinan bahwa itu bawaan lahir.

Kali ini aku coba share ke temen2 ada 3 Sifat yang harus kita miliki sesuai dengan apa yang tertera dalam Al Quran.

1. Tidak mudah marah


Tidak mudah marah merupakan sifat pertama yang harus dimiliki, terutama kita sebagai umat islam, karena dengan mudah marah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mudah marah dapat menyebabkan penyakit hati dan berujung dengan penyakit khusus.
 
Nabi Muhammad SAW, mengajarkan kita untuk tidak mudah marah ketika kita disakiti, dicaci, dianiaya dsb. Bahkan beliau membalas dengan senyuman lembut dan medoakan orang tersebut supaya segera mendapat petunjuk. So, Jangan mudah marah ya..!!
 

2.  Mudah memberi maaf

Ini juga tidak kalah penting dengan sifat yang pertama, mudah memberi maaf merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Kita sering melihat jika orang susah memberi maaf karena mungkin disakiti, tau dikecewakan lalu memaafkan tetapi tetap menyimpan bokeh dikatakan seperti dendam, Ini bahaya teryata temen2..!!

Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan kita untuk dendam, tidak saling memaaafkan. Kita diajarkan untuk selalu berlapang dada, dan perlu diingat bahwa sebenarnya "sabar itu tidak berujung", jadi sebenarnya sabar itu terus menerus tanpa batas, itulah yang dinamakan orang sabar. Jadi Kita dianjurkan untuk saling memberikan maaf kepada orang yang pernah menyakiti kita,, bahkan kita doakan saja supaya mendapat petunjuk dari ALLAH SWT jika memang dia salah.

3. Berguna Bagi Orang Lain

Berguna bagi orang lain ini merupakan aplikasi dari 2 sifat yang diatas, biasaya orang yang berguna bagi orang lain ini pasti mengikuti organisasi. Kenapa ikut organisasi? Karena jika kita ikut organisasi pasti kita merasakan yang namanya dikeewakan, disakiti, dengan begitu kita bisa mengukur sebenarnya kita bisa tidak untuk menerapkan sabar, dan memberi maaf.

Dengan Berorganisasi pula kita daapat berguna bagi orang lain, palagi kalau organisasi tersebut mempunyai dasar Islam (Al Quran dan Al Hadist yang Shohih) pasti tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang sekitar, melainkan bermnafaat bagi umat.

Nah, maka dari itu temen2 mari kita tanamkan 3 sifat ini dalam jiwa kita masing-masing, percaya dengan dasar 3 sifat mulia ini, hidup kita akan terasa begitu indah, dan lebih berarti. Semoga Bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar