Welcome on my blog "Dahlan"

Kamis, 16 Januari 2014

Upgrade Cintamu pada Muhammad SAW

Assallmuallaikum Wr. Wb.
Kali ini aku coba berbagi tentang memaknai hari kelahiran Nabi tercinta kita, orang nomor satu di dunia yaitu Muhammad SAW. Umat muslim diseluruh dunia pasti memperingati hari nabi pada tanggal 12 Robbiul Awal sebagai tanggal kelahiran nabi. Masalah boleh atau tidak memperingati kelahiran nabi, masih kontrovesional, karena nabi sendiri juga tidak pernah melakukan ritual khusus dengan perayaan hari ulang tahun.Tetapi coba kita dijadikan pelecut semangat untuk tambah cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Yang perlu ditekankan kepada temen-temen adalah memang ini bukan ritual ibadah yang pernah dicontohkan Rosululloh, jadi tidak ada tuntunan untuk membaca ayat-ayat khusus, ini hanya masalah memperingati jadi bukan ibadah. Sekarang permasalahnya orang-orang sering ini adalah ibadah, sehingga pemahamanya menjadi salah kaprah, ini yang menjadi Bid'ah, dan dilarang.

Terkadang kita mengerti mengaku bahwa kita adalah umat nabi Muhammad SAW tetapi kita tidak melakukan apa yang dicontohkanya. Jangankan untuk itu kita mungkin kurang mengetahui riwayat hidup nabi, misalnya dengan pertanyaan : Berapakah istri nabi, urutkan dari paling muda ke tua? dari yang paling dinikahi terlebih dahulu? sebutkan nama-nama anak nabi? kira-kira kalau ada pertanyaan mendasar seperti itu bagaimana reaksi temen-temen? masih mau ngaku kita pengikut nabi Muhammad SAW dan berharap kita bisa mendapat syafatnya di yaumul akhir?

Tidak perlu gundah temen-temen ini mungkin yang harus kita lakukan, Nabi tidak butuh diperingati, yang dijanjikan nabi adalah umatnya akan mendapatkan syafaatnya, tentunya umat yang taat dan konsekuen kepada nabi, coba kita maknai hari kelahiran nabi untuk mengetahui kehidupan nabi. Misalnya kita membaca Sirah Nabawi, mengadakan lomba cerdas cermat perjalanan hidup nabi, memperbanyak sunnah dll. Kita lebih peringatan yang tidak menghamburkan biaya, aku sarankan buat temen-temen untuk membaca sirah Nabawi. Dengan begitu temen-temen akan mengetahui beratnya hidup nabi jika dibandingkan dengan zaman kita sekarang yang serba enak ini, kita akan tergugah semangatnya. 

Semoga bermanfaat bagi temen-temen yang membutuhkan sirah nabawi bisa contak aku aja
085 645 850 840 (Alan Dahlan)
Wasallamuallaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar