Welcome on my blog "Dahlan"

Senin, 09 September 2013

4 Langkah Awal Entrepreneur

Materi ketika aku pertama kali mungkin mengikuti kegiatan yang dinamakan PK2-Maba UB atau singkatan dari (Perkenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya) dan memang kampus the Big Blue, Join the best UB menggunakan misinya menjadi
entrepreneur University.

Dalam ospek baik jajaran petinggi eksekutif mahasiswa, dan jajaran Rektorat dan sebagian tulisan-tulisan yang ada di UB, selalu hampir pasti kita lihat dan dengar istilah entrepreneur University.

Sebelumnya apa sich entrepreneur itu...?? Entrepreneur orang yang melakukan wirausaha tentang mengenalkann produk baru, memasarkanya, bahkan sampai mengatur model operasinya. Orang seperti ini sering disebut dengan wiraushawan. Wirausaha selain dapat mnciptakan pekerjaan bagi orang lain, orang yang melakukan usaha tidak bergantung dengan orang lain (mandiri).

Nah untuk memulai berentrepreneur diperlukan mimpi yang harus dibangun sejak dini, beberapa ini akan saya share waktu kegiatan PK2-MABA di Universitasku tercinta.

You Must have the Big Dreams

Jadi kita harus mempunyai mimpi yang besar, mimpi-mimpi itulah yang nantinya akan menuntun kita dalam melaksanakan hidup ini, tanpa mimpi kita seperti berjalan tanpa tau arah, Jadi terkesan sia-sia apa yang telah kita lakukan dalam hidup ini.

Berani Ambil Resiko

Ketika sudah memiliki mimpi, langsung saja ambil langkah dengan memulai mengambil resiko. Ambil resiko sekecil mungkin, dan yang paling pentingnya prosesnya bukan hasilnya. Ditingkat mahasiswa mungkin bisa diawali dengan berjualan pulsa mungkin, atau jasa setrika dll. Jadi jangan hanya sekedar omong kosong.

Kreatif, Inovatif dan Problem Solver

Dalam berusaha kita harus selalu sekreatif mungkin dan inovatif. Kreatif itu apa yang ada dalam otak kita untuk membuat usaha kita menjadi menarik, sedangkan inovatif adalah apa yang kita lakukan ketika kita sudah mempunyai pikran kita mengaplikasikanya dalam usaha kita. Kreatif itu pikiranya, inovatif itu kegiatanya. Seteleh itu kita juga harus dapat menyelesaikan masalah, karena pasti ketika kia memulai berentrepreneur kita pasti menemui masalah yang harus segera diselesaikan. Jangan menunda menyelesaikan masalah sebelum menjadi masalah yang sangat besar.

Komitmen dan Bertanggung Jawab

Langkah terkahir adalah kita harus berkomitmen serta bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan. Kita tidak boleh gampang putus asa, jika ada sesuatu hal buruk yang terjadi, kita harus bertanggung jawab.

Mungkin ini yang dapat saya share bagi temen-temen semua yang ada disini. Agar temen-temen minimal punya pegangan jika ingin berentrepreneur. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar